Sunday, January 9, 2011

Cegah Dhahar Lawan Guling

Salam Kasih



Menikmati makanan dan minuman lezat dan menyegarkan tentu sangat menyenangkan, apalagi selanjutnya diteruskan dengan tidur nyenyak....wahh...tentu semakin asyik....bukan..??

Namun dalam pandangan ajaran leluhur, makan dan minum adalah kenikmatan yang dapat menyebabkan seseorang lupa akan tujuan hidup, perjuangan hidup, dan kewajiban utamanya; untuk apa ia dilahirkan...Apakah hanya untuk sekedar makan atau untuk yang lainnya? (hidup untuk makan atau makan untuk hidup?)

Orang yang terlalu banyak makan dan terlau banyak menghabiskan waktu untuk tidur tanpa disadari ia telah menyebabkan rasa dan pikirannya tumpul dan malas bekerja. Makanya tidak salah para leluhur memberikan nasihat kepada kita untuk "Cegah Dhahar Lawan Gulung" ini. Yang secara harfiah dapat diartikan mengurangi (cegah), makan (dhahar), dan (lawan), tidur (guling).

Mengurangi makan dan tidur secara rohani merupakan bagian dari "laku prihatin" (tapa-brata) untuk mempertajam batin dan menghaluskan budhi demi tercapainya tujuan hidup yang sejati. Secara jasmani atau lahiriah mengurangi makan dan minum dapat dijadikan sebagai alat untuk mengontrol kondisi kesehatan. Dan telah banyak bukti bahwa orang yang dapat mengendalikan hasrat untuk selalu makan dan tidur serta mengusahakan untuk bisa melakukan puasa akan jauh lebih sehat dan bersemangat.

Petuah ini bukan berarti kita tidak boleh makan makanan yang enak dan tidur dengan nyenyak....akan tetapi bagaimana agar kita tetap bisa ingat bhawa tujuan kelahiran kita ke dunia bukanlah hanya untuk sekedar mencari makan...tetapi bagaimana agar bisa menata hidup menjadi lebih baik sehingga bisa meniti kehidupan ini menuju "Manunggaling Kawulo Lawan Gusti" inilah tujuan utama mengapa kita makan dan tidur...bukan yang lainnya....!!

Rahayu

No comments: