Monday, February 18, 2013

Mengoptimalkan Potensi Diri

Oleh: I Wayan Sudarma

Salam Kasih
Anda tentu mengenal karet gelang, di zaman kita masih kecil karet gelang bukan sekadar alat pengikat, melainkan menjadi alat permainan yang mengesankan. Karet gelang bisa digunakan untuk permainan apa saja. Mulai dari lompat tali, gitar-gitaran, ketapel, dan adu tiup, serta permainan lain yang jenisnya begitu banyak. Tidak ada bahan atau material lain yang bisa digunakan untuk beragam permainan seperti karet gelang dan satu karakter menarik yang dimilikinya, yaitu kemampuannya untuk memanjang mengikuti tarikan atau regangan, dan banyak lagi keistimewaannya.

Saudara/i ku semua....Perhatikanlah sebuah karet gelang terlihat begitu gemulai. Namun, di balik kegemulaiannya itu dia menyembunyikan kapasitas diri yang sangat hebat, Ketika karet gelang dihadapkan kepada benda yang jauh lebih besar dari lingkarannya maka dia mengerahkan potensi simpanannya untuk mengimbangi besarnya tuntutan itu. Dia bisa beradaptasi terhadap regangan yang diterimanya, dengan kata lain, sebuah karet gelang mempunyai kapasitas diri lebih besar dari sekedar keadaan yang terlihat dari luar.

Demikian juga orang-orang yang memiliki kapasitas diri yang besar selalu mampu untuk menerima tantangan yang lebih besar oleh karena itu, yang perlu kita lakukan adalah terus mengembangkan diri, menantang diri, dan menjalani proses pertumbuhan secara konsisten. Dengan begitu, kita akan selalu mampu meningkatkan kapasitas diri untuk menghadapi tantangan pekerjaan maupun kehidupan. Salam sukses saudara/i ku semuanya.

Rahayu _/|\_ 
Panaraga, 18022013

No comments: