Tuesday, February 5, 2013

Jangan Salah

Salam Kasih
Perjalanan paling jauh dan melelahkan  bukanlah perjalanan darat yang telah menempuh ribuan mil jauhnya dan bukan pula perjalanan yang sanggup menundukkan puncak gunung. Bukan pula terjadi pada mereka yang berhasil menyeberangi samudera nan maha luas. Perjalanan yang teramat panjang dan pasti melelahkan adalah "perjalanan masuk ke kedalaman diri" untuk menemukan kesejatian diri. Itulah perjalanan yang harus ditempuh seumur hidup di atas jalan yang tak berujung ini.

Sumber sukacita hidup yang sejati bukanlah berada di tengah keramaian, kemegahan dunia, kerumunan dan hiruk pikuk serta bisingnya mesin-mesin pencetak uang. Suka cita sejati tempatnya ada pada Tuhan yang selalu sudi bersemayam di kedalaman jiwa, di kesunyian hati yang jujur, penuh kasih dan damai.

Namun sayang sekali dapat dipastikan bahwa tidaklah banyak orang yang gemar menempuh perjalanan semacam itu. Menelusuri lorong-lorong hidup menuju kesejatian diri. Mengapa demikian? Karena berjumpa dengan hakikat terdalam keberadaan diri tidaklah selalu mudah dan menyenangkan. Bahkan tak sedikit orang yang mengalami sakityang luar biasa karena ia harus bersedia melucuti topengnya dan membongkar kemapanan hidupnya yang semu.

Di kedalaman batin itulah tersimpan harta yang tiada tara harganya, di tempat itulah DIA selalu hadir. Kedalaman batin itulah yang selalu menjadi tempat yang paling istimewa dalam hidup setiap orang.

Di situlah letaknya harta dan bagian hidup kita yang tidak akan pernah dapat diambil dari hidup kita.

Saudara/I ku semuanya.....selamat menempuh perjalanan menelusuri lorong-lorong kesejatian diri di tengah aktivitas kerja kita. Semoga Yang Maha Welas Asih senanyiasa membimbing langkah kita menuju Rahayu.

Rahayu ~ i wayan sudarma
Bali-05022013

No comments: