Friday, September 22, 2023

Pilih Jalan Membebaskan

 

Om Swastyastu

Hampir semua orang ingin yang menyenangkan, yang nyaman, yang tanpa perjuangan, yang penuh kemudahan namun semua ini hanya menambah kecengengan dan kerentanan jiwa kita. Dengan adanya kalkulator dan sarana berhitung lainnya kita kehilangan kemampuan cara menghitung. Dengan adanya  memori penyimpanan perlahan kita kehilangan kemampuan mengingat bahkan lupa nomor penting dan nomor keluarga terdekat. 

Alam menyatakan," dia yang memilih jalan kesenangan dan kenyamanan tak akan pernah terbebaskan, dia akan terbelenggu dan ketergantungan atas objek kesenangannya." Biasa dengan AC tanpa AC kita akan kepanasan, terbiasa ada listrik mati listrik kita kelimpungan, biasa makan enak tat kala sakit merasa tersiksa dengan dietnya. Dan masih banyak lagi contoh lainnya. 

Jadi dengan landasan ini kita diajarkan yang seakan menyusahkan. Kita diajarkan puasa, kita diajarkan mengendalikan diri, diajarkan rohani, diajarkan ikhlas, berserah, diajarkan meditasi, dan lain sebagainya. Kita diajarkan melepaskan, tidak terikat tidak melekat dengan kesenangan dan kenyamanan. Semua kenyamanan dan yang menyenangkan perlu dikalibrasi apakah membebaskan atau membelenggu. Apakah akan membuat kita cengeng dan rentan atau mandiri dan sadar diri? 

Sering makan enak, akhirnya diet atau puasa. Punya penghasilan kita  diingatkan berbagi, ketika berbagi kita dingatkan ikhlas, ketika banyak karya dan andil kita diingatkan berserah diri tanpa keakuan. Ketika ingin berhasil kita diingatkan berkorban. Terbiasa dengan jabatan saat tak menjabat akan power sindrom, terbiasa dengan mendapatkan upah dan keuntungan saat di PHK dan merugi kita menderita. Demikianlah jalan kesenangan yang perlu dikalibrasi agar tidak terbelenggu dan tidak melekatinya. Latih dan pilihlah jalan yang membebaskan. 

Tidak mementingkan diri sendiri, miliki jiwa pengorbanan, ikhlas, berserah diri, tidak melekat dan tidak terikat, tidak ketagihan dan setwrusnya,  adalah jalan yang membebaskan. Semoga kita mampu menerapkan jalan yang membebaskan. 

Manggalamastu
Om Santih Santih Santih Om
#suluhhindu #mutiaradharma #PelitaBang 
@way_sudarma

📷 photo lukisan Jero Mangku Pura Hulun Danu-Songan

No comments: