Saturday, November 23, 2019

Makna Filosofi Penggunaan Busana Adat Bali Ke Pura


Om Swastyastu

Mutiara Dharma:
 "Nilai dari 'diri' ada pada bibir, sedangkan nilai dari 'raga' ada pada pakaian. Jadi berhati-hatilah, eling dalam berwacana demikian pula pandai-pandailah menempatkan diri dalam cara berbusana".
(I Wayan Sudarma)

Dewasa ini globalisasi sangat mempengaruhi jaman. Segala aspek menjadi berubah akibat dari arus globalisasi. Termasuk etika dalam menggunakan busana adat Bali. Sejak dahulu hingga sekarang busana adat Bali selalu berubah sesuai perkembangan jaman. Seharusnya dalam menggunakan busana adat Bali terutama untuk persembahyangan disesuaikan dengan tata cara yang berlaku.

Namun dewasa ini para umat Hindu terutama para remaja dalam menggunakan busana adat terkadang diluar jalur kesopanan. Belum mengerti akan makna dari busana adat Bali kita. Untuk itu agar tidak terus­ menerus keliru, ijinkan kami berbagai kepada masyarakat secara umum tentang tatwa dalam berbusana adat Bali.

Manusia sebenarnya sudah terlahir sebagai makhluk yang suci. Jadi sebenarnya secara logika, kita sembahyang telanjang bulat pun tidak masalah. Lalu mengapa harus berbusana?

Dalam Sarasamuscaya, sloka 82 dijelaskan :
SARVAM PASYATI CAKSUSMAN MANOYUKTENA CAKSUSA, MANASI VYAKULE JATE PASYANNAPI NA PASYATI
Artinya :
Mata dikatakan dapat melihat berbagai benda, tiada lain sebenarnya pikiranlah yang menyertai mata, sehingga jika pikiran bingung maka nafsulah yang menguasai; maka pikiranlah yang memegang peranan utama.

Pikiran yang akan mengantarkan sembah bhakti kita kepada Hyang Widhi, Jika dalam persembahyangan pikiran terfokus pada Hyang Widhi, maka sembah bhakti kita akan sampai pada-Nya, namun jika pikiran terpusat pada yang tidak patut, maka kesanalah angan kita dibawa.


Pakaian itu diciptakan dengan tujuan untuk menutupi badan, dan busana merupakan salah satu bagian dari alat upacara.
Manusia menciptakan sarana upakara dengan tujuan kita bisa lebih memahami ajaran agama kita.

Dasar konsep dari Busana adat Bali adalah konsep Tapak Dara (swastika).
Tubuh manusia dibagi menjadi tiga yang disebut dengan Tri Angga, yang terdiri dari:
• Dewa Angga : dari leher ke kepala
• Manusa angga : dari atas pusar sampai leher
• Butha Angga : dari pusar sampai bawah

Pada saat manusia tidak berbusana adat, tubuh manusia masih suci, belum dibagi­bagi menurut konsep Tri Angga berlaku.
Konsep ini baru terbentuk ketika manusia sudah berbusana adat. Sebenarnya tidak ada lontar­ lontar yang menunjukkan tentang busana adat Bali.
Namun secara estetika busana adat Bali dibagi tiga yaitu:
•Busana adat Alit : digunakan sehari, ngayah, dan tidak digunakan untuk persembahyangan (busana adat yang belum lengkap)
•Busana adat Madya : digunakan untuk persembahyangan (secara filosofis sudah lengkap)
•Busana adat Agung : untuk upacara pernikahan/pawiwahan (sudah lengkap termasuk aksesoris)

**Makna busana adat ke Pura untuk Putra
Dalam menggunakan busana adat Bali diawali dengan menggunakan kamen. Lipatan kain/kamen (wastra) putra melingkar dari kiri ke kanan karena laki­laki merupakan pemegang dharma.

Tinggi kamen putra kira­kira sejengkal dari telapak kaki karena putra sebagai penanggung jawab dharma harus melangkah dengan panjang.
Tetapi harus tetap melihat tempat yang dipijak adalah dharma.

Pada putra menggunakan kancut (lelancingan) dengan ujung yang lancip dan sebaiknya menyentuh tanah (menyapuh jagat), ujungnya yang kebawah sebagai symbol penghormatan terhadap Ibu Pertiwi. Kancut juga merupakan symbol kejantanan.

Untuk persembahyangan, sepatutnya kita tidak menunjukkan kejantanan kita, yang berarti pengendalian, tetapi pada saat ngayah kejantanan itu boleh kita tunjukkan.
Untuk menutup kejantanan itu maka kita tutup dengan saputan (kampuh). Tinggi saputan kira kira satu jengkal dari ujung kamen.
Selain untuk menutupi kejantanan, saputan juga berfungsi sebagi penghadang musuh dari luar.

Saput melingkar berlawanan arah jarum jam (prasawya). Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan selendang kecil (umpal) yang bermakna kita sudah mengendalikan hal­hal buruk. Pada saat inilah tubuh manusia sudah terbagi dua yaitu Butha Angga dan Manusa Angga.

Penggunaan umpal diikat menggunakan simpul hidup di sebelah kanan sebagai symbol pengendalian emosi dan menyama.

Pada saat putra memakai baju, umpal harus terlihat sedikit agar kita pada saat kondisi apapun siap memegang teguh dharma.

Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan baju (kwaca) dengan syarat bersih, rapi dan sopan. Baju pada busana adat terus berubah­rubah sesuai dengan perkembangan.

Pada saat ke pura kita sepatutnya menunjukkan rasa syukur kita, rasa syukur tersebut diwujudkan dengan membersihkan dan memperindah diri.

Kemudian dilanjutkan dengan penggunakan udeng (destar).
Udeng secara umum dibagi tiga yaitu
*udeng jejateran (udeng untuk persembahyangan) *udeng dara kepak (dipakai oleh raja)
*udeng beblatukan (dipakai oleh pemangku).

Pada udeng jejateran menggunakan simpul hidup di depan, disela­sela mata. Sebagai lambang cundamani atau mata ketiga, pemusatan pikiran.

Dengan ujung menghadap keatas sebagai symbol penghormatan pada Sang Hyang Aji Akasa.

Udeng jejateran memiliki dua bebidakan yaitu sebelah kanan lebih tinggi, dan sbelah kiri lebih rendah yang berarti kita harus mengutamakan Dharma.

Bebidakan yang dikiri symbol Dewa Brahma, yang kanan symbol Dewa Siwa, dan simpul hidup melambangkan Dewa Wisnu.

Pada udeng jejateran bagian atas kepala atau rambut tidak tertutupi yang berarti kita masih brahmacari dah masih meminta.
Sedangkan pada udeng dara kepak, masih ada bebidakan tepai ada tambahan penutup kepala yang berarti symbol pemimpin yang selalu melindungi masyarakatnya dan pemusatan kecerdasan.

Sedangkan pada udeng beblatukan tidak ada bebidakan, hanya ada penutup kepala dan simpulnya di belakang dengan diikat kebawah sebagai symbol lebih mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

**Makna busana adat ke Pura untuk Putri
Sama seperti busana adat putra, pertama diawali dengan menggunakan kamen.
Lipatan kain/kamen melingkar dari kanan ke kiri karena sesuai dengan konsep sakti.

Putri sebagai sakti bertugas merawat dan menjaga agar si laki­laki tidak melenceng dari ajaran dharma.

Tinggi kamen putri kira­ kira setelapak tangan karena pekerjaan putri sebagai sakti itu sangat banyak jadi putri melangkah lebih pendek.

Setelah menggunakan kamen untuk putri memakai bulang yang berfungsi untuk menjaga rahim, dan mengendalikan emosi.

Pada putri menggunakan selendang/senteng dikiat menggunakan simpul hidup di kiri yang berarti sebagai sakti dan mebraya. Putri memakai selendang di luar, tidak tertutupi oleh baju, agar selalu siap membenahi putra pada saat melenceng dari ajaran dharma.

Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan baju (kebaya) dengan syarat bersih, rapi, dan sopan. Penggunaannya sama seperti baju pada putra. Kemudian dilanjutkan dengan menghias rambut.

Pada putri rambut dihias dengan pepusungan. Secara umum ada tiga pusungan yaitu
*pusung gonjer untuk putri yang masih lajang/belum menikah sebagai lambang putri tersebut masih bebas memilih dan dipih pasangannya. Pusung gonjer dibuat dengan cara rambut di lipat sebagian dan sebagian lagi di gerai. Pusung gonjer juga sebagai symbol keindahan sebagai mahkota dan sebagai stana Tri Murti.
*pusung tagel adalah untuk putri yang sudah menikah.
*pusung podgala/pusung kekupu, dipakai oleh peranda istri. Ada tiga bunga yang di pakai yaitu cempaka putih, cempaka kuning, sandat sebagai lambing dewa Tri Murti.

Dari uraian diatas, saat kita akan bersembahyang di pura, yang kita mulai dari bawah, mengingatkan akan bakti kepada Ibu Pertiwi. Kita rapikan dan kendalikan dahulu dari bawah lalu ke atas, menyiratkan bakti kita kepada Bapa Akasa. Dengan menghayati uraian diatas hendaknya kita bisa mewujudkan dalam keseharian, perwujudan suci kita berpakaian, berbusana menghaturkan rasa bakti kita kepada Ida Sang Hyang Widhi.

Semoga kita dapat memahami keindahan tata cara memasuki pura agar kita dapat merawat dan menjaga kesucian pura itu sendiri.
Dan dalam etika berbusana semestinya mengikuti norma-norma susila, etika, dan pertimbangan yang bijaksana.

Om Santih Santih Santih Om
⚘ I Wayan Sudarma

No comments: