Sunday, October 20, 2019

Stempel Devata

Stempel Devata

Om Swastyastu
"...Sebongkah batu biasa, tdk ada harganya bagi Anda & Anda bisa saja mencampakkannya. Tetapi apabila Anda memandang sebuah arca (murti) batu deva Siva atau sebuah arca devata lainnya, atau simbol Tuhan lainnya di tempat suci; Anda membungkukkan kepala, mencakupkan tangan, karena ada "STEMPEL DEVATA atau manifestasi TUHAN" pada benda tersebut..."

Sepotong kertas putih biasa atau kertas berwarna lainnya, tidak memiliki nilai apapun dan kita mungkin akan melemparkannya. Tetapi bila ada stempel atau cap pemerintah pada kertas tersebut, misalnya sebagai alat pembayaran yang sah, tentu kita menyimpannya dengan hati-hati di dalam saku atau kotak uang.....


Kekuatan keyakinan mengalahkan segalanya, bagi orang yang yakin mereka akan melakukan banyak hal untuk menghormati atau mengagungkan apa yang diyakini, tapi beda yang tidak meyakini akan menyebut "just decorations"

disamping keyakinan...kenyataaan juga akan mengajarkan kita banyak hal untuk menerima sesuatu itu bukan saja semata-mata karena yang tampak secara kasat mata....tapi juga karena sesuatu yang menjadikan sesuatu itu menjadi 'special'.....

hanya karena keterbatasan Indera kitalah yang membedakan semua penampakan ini-jika ditelusuri maka akan kita temukan jawabannya: "All in God n God in All" atau " All is God n God is All"
Rahayu
Om Santih Santih Santih Om
🙏 I Wayan Sudarma

No comments: