Thursday, March 8, 2018

TERSENYUM

Om Swastyastu

"SMILE mean See Miracles In Life Everyday."

Senyum adalah ungkapan hati sehingga tidak bisa di rekayasa. Ketika bibir tersenyum tapi hati sedang kesal atau gundah maka senyum itu akan terasa hambar. Ketika senyum mengembang sebagai visualisasi hati yang lascarya atau ikhlas maka akan diterima oleh hati penerima senyuman itu.

Walaupun semua orang punya bibir, namun untuk urusan tersenyum tidak semua orang mampu untuk melakukannya, terlebih ketika seseorang sedang marah sulit sekali untuk melepaskan diri dari cemberut. Wajah yang semulanya rupawan, kalau sedang marah jadi kelihatan buruk dan menakutkan.

Memang benar, jika melihat wajah orang yang ” angker ” dalam keseharian akan menimbulkan kesan asing dan menakutkan.

Bila kita renungkan, tersenyum merupakan suatu perbuatan yang mempunyai nilai tersendiri untuk menghormati orang lain. Karena senyuman merupakan satu sifat dan sikap mulia. Namun tidak jarang senyum yang dilemparkan menjadi sebuah senjata ampuh untuk memikat seseorang. Banyak sekali orang yang jatuh hati disebabkan oleh sebuah senyuman.

Sebagaimana jamaknya suatu budaya ,senyuman pun kini telah mengalami perkembangan. Senyum menjadi sangat bervariasi dengan nilai dan karakteristiknya masing-masing. Warna-warni itu ada beberapa macamnya. Dan inilah warna-warni senyuman:

SENYUM KETULUSAN

Senyum ketulusan adalah senyum yang datang dari dalam relung hati yang paling dalam. senyum ini muncul untuk membahagiakan, menghormati dan memuliakan orang lain. Senyuman ini menunjukan kondisi paralel antari bibir dengan hati. Sebuah senyum yang tulus tentu merupakan sebuah  YADNYA utama, walau tidak mesti perlu biaya, sangat mudah dan ringan.

Senyuman ini mampu menambah keakraban dan hubungan dalam berkomunikasi. Baik dalam komunikasi langsung maupun dengan media perantara. Entah itu dilakukan terhadap orang tua, teman atau orang lain. Dengan kata lain, meski lawan bicara tidak bertemu langsung, getaran senyumannya dapat menggetarkan mata batin kita.

SENYUM KETABAHAN

Sebuah senyuman yang muncul dari seorang perkasa dan jantan. Sosok-sosok yang mampu menghadapi masalah, pahit getirnya kehidupan dan berbagai persoalan pelik dalam hidupnya dengan tabah dan tidak mengeluh. Senyum ini akan dirasakan oleh orang-orang yang telah mampu melampaui sifat rwa bhineda; sukha dan duhkha.

SENYUM KETEGARAN

Sebuah senyum yang menghiasi bibir-bibir orang berwibawa dan mempunyai kekuatan dalam hidupnya. Biasanya mereka mengalami musibah yang berat kemudian sukses. Sehingga masalah yang berat sekalipun dapat teratasi jika memiliki senyum itu.

SENYUMAN EGOIS (PALSU)

Sebuah senyum yang tidak bersahabat. Senyum tersebut berbentuk perasaan dendam kesumat. Senyum ini timbul akibat perasaan, iri, dengki,  dendam atau benci kita terhadap pihak lain tetapi kita tidak mampu untuk mengungkapkan dalam kata-kata.

Kita hanya memendamnya dalam batin dan jika bertemu kita berpura-pura tersenyum tetapi dalam hati kita sangat benci dan muak. Senyum ini dapat menyakiti orang yang melihatnya atau orang yang menerima senyuman itu.

Terlepas dari berbagai jenis senyum di atas. Secara rohani Senyum juga mempunyai segudang manfaat lho, baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain. Diantaranya yaitu:

Manfaat senyum untuk KESEHATAN

Ada beberapa jenis penyakit yang berkurang dengan teraphy senyum:

Menghilangkan stress, Menurunkan tekanan darah, Membuat awet muda, Meningkatkan imunitas, Membuat positive thinking, Melepas endorphin, pemati rasa dan serotonin.

Manfaat senyum untuk PENAMPILAN

Senyum dapat memperbaiki penampilan dan menambah daya tarik.Walaupun yang tersenyum adalah orang yang sudah tua (kakek/nenek) yang sudah ompong dan keriput makan akan menjadikannya lebih baik.

Seperti mempunyai makna dan nuansa tersendiri, mungkin lebih manis kesannya. Menjadi lebih baik dan menyejukkan hati. Karena dengan senyum kita akan lebih dihormati dan dan disegani oleh orang lain, baik yang sudah kenal maupun dengan orang yang belum kenal.

Manfaat senyum untuk ROHANI
Bertanda murah hati, Sebagai obat jiwa, Penawar rohani, Menunjukkan suatu kebahagiaan, Murninya suatu tujuan, Menambah ketenangan hati, Memberikan kesan berseri, Sebagai isyarat kata hati.

Manfaat senyum untuk SOSIAL

Senyuman yang merupakan suatu bentuk keakraban dalam pergaulan masyarakat. Ini akan menambah suasana menjadi lebih hangat dan indah. Karena memang ketika melihat orang yang murah senyum akan terasa menyenangkan.

Senyuman itu memang SESUATU.
Sesuatu yang memang menyenangan, yang bisa membuat hari-hari kita menjadi lebih indah. Hendaklah kita dapat menciptakan nuansa yang seperti ini, setiap kehidupan kita tapaki dengan penuh ketulusan dan ketenangan. Kita dapat bertegur sapa di jalan dengan orang lain, berkomunikasi dengan teman, maupun orang tua. Mari kita latih diri kita dengan senyum yang tulus, dimana saja dan kapan saja. Hadapilah perjalanan hidup kita dengan sebuah senyuman yang tulus. karena senyum itu bermanfaat dan tidak mahal harganya. Manggalamastu.

Om Santih Santih Santih Om
❤ I Wayan Sudarma (Jero Mangku Danu)

No comments: