Wednesday, August 24, 2016

“Jembar Segarane (Berjiwa Besar Memaafkan)"

Om Swastyastu

Setiap hari kita disugguhi dari berbagai macam peristiwa melalui mata kepala kita sendiri dan juga melalui media, bagaimana “Maaf” menjadi hal yang sangat langka sekali…

Di banyak kesempatan justru mulai dari pemimpin dan pemuka agama tidak memberikan contoh untuk memberikan maaf pada sesama.

Menyitir pesan Tersirat oleh Mpu Baradah dalam Kawyanya 'Tattwa Dharma Kahuripan', Beliau betutur secara Gamblang dan Bernas; "Untuk dapat memaafkan diperlunya jiwa besar dalam diri kita. Jiwa besar dapat terbentuk jika secara pengertian dan pandangan benar akan hidup ini dan hidup dalam berinteraksi dengan manusia lainnya".

Dalam kehidupan sosial, “Jembar Segarane/Seluas Samudera”, yang bisa dikatakan berlapang dada untuk memaafkan sebesarnya seperti halnya sifat Samudera yang merangkul semuanya penuh kasih entah yang baik hingga limbah kehidupan. Maka jika ini di junjung, niscaya kehidupan sosial, mulai dari Rumah tangga hingga berbangsa dan bernegara senantiasa akan utuh, namun kekhawatiran muncul bahwa nanti akan menjadi memanjakan, tentunya ini harus kita ingat bahwa kehidupan sosial bukan terikat, tapi harus saling mengikatkan diri dalam batasan-batasan dan kaidah-kaidah norma sosial; dalam keluarga, masyarakat, beragama, dan bernegara.

Dalam hubungan orang tua dan anak (Guru dan Murid), orang tua dan guru, senantiasa adalah manusia yang memiliki semangat memaafkan paling banyak terhadap anak dan murid nya.

Berjiwa besar yang ada pada orang tua dan guru, inilah yang menjadi titik takar, kualitas dari mereka, dan ini pula yang akan menjadikan anak dan murid mereka menjadi murid yang memiliki teladan yang benar dan baik. Dalam hal ini orang tua dan guru dalam memaafkan bisa berarti selalu memberikan kesempatan kepada anak dan murid dalam meningkatkan pengertian dan pemahaman.

Dalam hubungan keluarga dengan keluarga lain (bermasyarakat), mari kita saling memanfaatkan diantara kehidupan bermasyarakat dan memasyarakatkan saling memaafkan. Bahwasanya memaafkan adalah Obat Mujarab untuk mengatasi semua Penyakit Sosial hingga Penyakit Spiritual. Manggalamastu.

Om Santih Santih Santih Om

❤Jro Mangku Danu©
24 Agustus 2016

No comments: