Tuesday, September 10, 2013

TEMPAT

TEMPAT

Salam Kasih
Pada sebuah diskusi di Group Light Of Life via Whatsapp, hadir pertanyaan demikian:
"Ada dikatakan bahwa ruangan untuk meditasi dan doa harus ada tersendiri semacam ruangan khusus, namun bagaimana bila bunda kost, hanya memiliki 1 ruangan ya kamar ya untuk makan ya untuk segalanya? Apakah akan mengurangi manfaat dan peruntukan meditasi itu sendiri?"

Saudara-saudari semuanya...
Tanah, air, api, udara, ruang, waktu adalah unsur-unsur yang berasal dari Tuhan. Dan semua unsur itu merupakan alat yang baik untuk membersihkan benda dan mahluk termasuk juga diri kita.

Idealnya ya memang mesti ada tempat khusus...tapi kalau rumah type burung dara model anak kost-kostan, nyaris semua kegiatan dilakukan di suatu ruangan...maka ruangan itu sudah refresentatif bagi kita untuk berhubungan dengan Tuhan dan menyelami diri sendiri melalui meditasi dan  atau doa. Saat untuk  istirahat ya pakai untuk istirahat...saat untuk menelisik diri ya untuk menelisik diri. Ruang dan Waktu itu netral....ia bereaksi sesuai dengan aksi yang terjadi. Justru maanfaat hidup akan berkurang jika kita mencari-cari alasan untuk tidak menelisik diri gara-gara belum punya ruang khusus untuk ini dan itu.
Teringat dengan pesan Ki Nanang Nunung..."Jika kita siap-saat itu pula Tuhan hadir....tak peduli waktu, tempat, atau keadaan apapun."

Sejalan dengan pemahaman tersebut saya sitirkan sebuah pesan dari Shri Krshna melalui Bhagavadgita: "Kau adalah tempat kediaman tertinggi dan pembersih tertinggi semua mahluk."

Saudara-saudari semua ingat bahwa: bahan asli adalah Tuhan. Merupakan hak istimewa terberkati dari manusia untuk menghubungkan dirinya dengan yang Ilahi kapan saja. Sementara unsur-unsur tersebut membersihkan tubuhnya, keilahian membuatnya bersifat ilahi lewat hubunganNya. Tidak ada tempat yang lebih mulia daripada yang ilahi. Karena itu ia merupakan tempat dan sekaligus pembersih tertinggi. Manusia harus mengetahui dan mengambil manfaat dariNya.

Makanya tidaklah salah Rsi Patanjali (penemu Yoga Sutra) berkata: "Jadikalanlah setiap saat-setiap tempat sebagai kondisi meditatif."

Renungan: Walau tempatnya bagus...tapi hatinya butek dan pikirannya nggak karuan...yang baguspun akan tampak semerawut.

Rahayu _/|\_ I W Sudarma
Disarikan dari diskusi LOL, 10092013
#photo saat meditasi di Sisa Telaga Bale Kambang-Dieng yang tidak terurus, kotor dan bau

No comments: