Friday, September 6, 2013

Apalah Artinya Jika......??

Salam Kasih

Ku tak pernah memberikan air kepada orang dahaga,
Apalah artinya aku menjanjikan air Amerta?
Ku tak pernah menolong orang yang jatuh,
Lalu apa artinya air mata iba ini?

...Kupergi ke pura, bersembahyang dan berdoa,
Saat sedang sembahyang muncul kesadaran,
Kalau aku tak pernah melayani Ibuku,
Apa gunanya persembahyangan ini?

Kuberdiskusi agama dan mendengar tutur Guru,
Saat berdiskusi ini ku tersadar,
Aku terlahir menjadi manusia tapi tidak punya rasa welas asih,
Apalah gunanya kelahiran ini?

Aku berdana, melakukan japa dan brata,
Saat berdana aku tersadar tak pernah memberi makan kepada orang kelaparan,
Apalah artinya berdana besar besaran ini?

Mandi disungai Gangga, bertirtha yatra ketempat tempat paling suci,
Saat sedang mandi disungai Gangga ku tersadar,
Badan ini aku mandikan tapi hati dan pikiran tidak kubersihkan,
Apalah artinya mandi suci disungai Gangga?

Kubaca selalu Veda dan literatur-literatur suci
Aaat membaca ku tersadar, aku tak pernah berbagi ilmu
Lalu apa gunanya aku disebut Ilmuwan dengan sederet titel?

Jika tidak pernah melayani orang tua
apa gunanya bertirtha yatra?

Semoga Renungan inu  bermanfaat bagi kita semuanya

Rahayu _/|\_ I W Sudarma (Jro Mangku Danu)

No comments: