Thursday, September 5, 2013

KEKESALAN

Salam Kasih
"Naik turun dalam kehidupan tidak mempengaruhi para sadhu (baca: yang telah cerah). Pikiran mereka selalu selaras dengan Yang Mahamulia". (Shirdi Sai)

Saudara-saudari semua..."kekesalan" adalah suatu penyakit umat manusia yang lumrah. Namun untuk beberapa alasan terutama bagi kesehatan psikis, mental, emosi dan spiritual semuanya akan merasa terganggu dengan sikap kesal ini. Daripadanya kita harus melenyapkan penyakit ini.

Kekesalan memiliki penyebab-penyebab luar dan dalam. Persoalan yang nyata ada pada penyebab dalam. Dimana pikiran menciptakan masalah-masalahnya sendiri dan menjengkelkan mereka. Masalah-masalah yang diciptakan sendiri harus dipecahkan melalui diskriminasi. Penelitian dan Penelisikan diri (Mulat Sarira) dengan cermat adalah cara satu-satunya untuk melenyapkan masalah-masalah itu. Ketika pikiran menjadi utuh, masalah-masalah itu juga tidak akan dipengaruhi oleh kekesalan luar.

Ingat saat kekesalan mendera dan kita membiarkannya merajalela-saat itu pula kita telah kehilangan kesadaran diri.....

Mari hindarkan diri agar tidak hadir menjadi pribadi yang penuh kekesalan dan menjadi sumber/pemicu orang lain menjadi kesal.

Rahayu _/|\_ I W Sudarma
05092013

No comments: