Wednesday, December 19, 2012

NGUDI SEJATINING BECIK

Salam Kasih

Salah satu tujuan utama kelahiran kita sebagai manusia ke dunia kali ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dari Manusia yang berkecenderungan berwatak keraksasaan (Manava Danava) menjadi manusia yang berwatak kedewataan (Manava Madhava). Yang pada akhirnya agar kita dapat kembali bersatu dengan Sanghyang Sangkan Paraning Dumadi...sebuah cita-cita yang luhung.

Dari padanyalah kemudian susatra Veda dan juga para leluhur (waskita) memaparkan pepelingnya melalui ungkapan singkat: "Ngudi Sejatining Becik", yang secara harfiah dapat diartikan dengn: 'Mencari Kebenaran/Kebaikan yang Sejati'.

Manusia hidup di dunia ini akan menghadapi pilihan-pilihan hidup yang pada hakikatnya terdiri dari baik dan buruk (rwa bhineda/dualitas). Sebagai hamba Tuhan yang baik, dengan andel-andel budhi (intelektualitas) maka ia hendaknya memilih yang terbaik dan yang rahayu. Bagaimanapun sulitnya kebaikan harus diperjuangkan agar hidup selamat.

Slogan: 'aturan dibuat untuk dilanggar' harus tidak dipercaya, karena sejatinya 'aturan itu dibuat untuk ditaati', dijadikan suluh menemukan 'sejatining becik' itu.

Semoga tidak ada halangan bagi kita untuk menitinya..!!

Rahayu 
Oleh: I W. Sudarma
Pepeling Leluhur, 19 Juli 2012
 

No comments: