Wednesday, December 19, 2012

GEDE GELAR GEDE GELUR

Salam Kasih
Menemani perjalanan Jro Mangku Gde Wangi menuju Luhur Lempuhyang menjadi sangat menyenangkan karena diisi Dengan Percakapan ringan penuh makna. Saat melewati Pura Telaga Mas, dan memandang Ke samping kanan bukit sesekali Saya memanggil semeton yang Ada di Gamongan. Lalu Tiba-Tiba Jro Mangku Gde Wangi nyeletuk: "lamun Gede Gelare biasane Gede Gelurne Jro....(Bahasa indonesia: Kalau modalnya Gede biasanya bicaranya juga lantang).

Tanpa Saya sela, Beliau lantas melanjutkan pembabarannya; " Dalam banyak aspek, Jika orang sudah memiliki kemampuan, baik di bidang jnana, apalagi harta benda-biasanya suaranya lebih lantang dan lebih dipercaya."

Sekarang justru yang diagungkan adalah yang punya harta berlimpah-Walau bisa jadi bukan Dari hasil yang Benar. Dibandingkan Dengan kesucian diri-Walau sampai kadang sampai berbusa nuturang kadharman-pasti lebih sedikit yang percaya. Sekarang orang lebih kepada sikap pragmatis-instan. Makanya kalau geluran kita mau didengar mesti punya gelar yang besar.....

Jro Mangku Gde Wangi menegaskan: "Mangkin apin gelar-gelur yan gelare tuara ada- jeg...bedik anake ngugu" Namun demikian, kita tidak boleh larut dalam pemahaman seperti itu-kita tetap harus teguh dalam swadharma. Walau sedikit bicara tapi tetap harus ngayah dan bekerja sebaik-baiknya...!!

Tanpa tearasa pagi ini Saya sudah napak di Luhur Lempuyang.

Suksma Jro Mangku antuk pengeling-elingnya.

"Gede Gelar Gede Gelur
Gede Gelur Gede Galir
Gede Galir Gede Galur
Yen sampun Galur Galir-Galare maGelar.

Rahayu _/|\_ Jro Mangku Danu (I Wayan Sudarma)
Pepeling Leluhur, Bali-30072012 (Disarikan dare Percakapan Dengan Jro Mangku Gde Wangi-Pemangku Pura Lempuhyang-Karangasem)

No comments: