Friday, August 24, 2012

Yang Kecil Bisa Menjadi Besar

Salam Kasih
Jika suatu ketika kita menghadapi suatu perselisihan atau pertentangan atau konflik, seyogyanyalah kita dapat menahan diri, agar masalah yang ada tidak berubah menjadi masalah besar.

Pepeling Leleuhur terhadap hal ini sering diungkapkan dengan kalimat: "Kriwikan Dadi Grojogan" Kriwikan adalah aliran air kecil dan Grojogan adalah aliran air yang besar. Kriwikan Dadi Grojogan maknanya adalah masalah kecil yang berubah menjadi masalah besar.


Memaknai Pepeling ini, kita mendapati bahwa sering kali masalah besar berasal dari masalah sepele. Masalah menjadi kompleks dan rumit karena masing-masing pihak mementingkan egonya masing-masing. Dalam kehidupan sehari-hari hal-hal seperti tersebut sangat sering kita jumpai. Misalnya, bermula dari dua pemuda yang saling ejek, dua kampung saling serang. Seperti beberapa bentrok warga di beberapa tempat di negeri ini.

Untuk menjaga agar Kriwikan tidak menjadi Grojogan, dibutuhkan kesiapan secara totalitas dalam semua aspek pergaulan, mengedepankan prinsip asih, asuh, asah, dan tentunya diikuti dengan sikap dan pandangan bahwa hidup harmonis itu lebih indah ketimbang hidup dalam perselisihan, dan permusuhan.

Rahayu _/I\_ I W Sudarma
Pepeling Leluhur, 17/02/2012
*Ungkapan Kriwikan Dadi Grojogan termuat dalam: Kidung Panji*

No comments: