Monday, March 12, 2012

Lila Lan Legawa

Oleh: I Wayan Sudarma

Salam Kasih

Kata "Lila Lan Legawa" secara bebas dapat diartikan dengan "Rela dan Ikhlas". Yaitu sebuah sikap seseorang yang lapang dada, terbuka hati, ikhlas saat kehilangan, dan tidak mau menyesali kerugian yang menimpa dirinya.


Bagi yang sudah bisa "Lila Lan Legawa", baginya bencana, kesulitan, dan cobaan dari manapun datangnya dianggap seolah-olah tidak pernah terjadi dan diterima sebagai bagian dari proses hidup yang memang harus diterima dan dijalani. Kerugian yang tampak disebabkan oleh orang lain selalu dimaafkannya. Kerugian karena lingkungan, dianggap sebagai suatu yang alamiah. Kerugian karena bencana yang datang tiba-tiba, dianggapnya sudah menjadi kehendak Tuhan.

Orang yang "Lila Lan Legawa" tidak pernah ada beban dalam pikirannya karena yakin bahwa manusia hanya menjalani (manungsa mung saderma nglakoni). Semua milik Tuhan, Nyawa hanya pinjaman dan harta hanyalah titipan (Nyawa mung gadhuhan, bandha mung titipan).

Semoga kita bisa tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang "Lila Lan Legawa" dalam kehidupan yang senantiasa berubah ini. Dan bisa menerima setiap Perubahan dengan penuh Kewajaran.

Rahayu _/I\_
Bali, 13022012

No comments: