Monday, March 12, 2012

HIDUP ADALAH MENGALAMI

Oleh: I Wayan Sudarma

Salam Kasih

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan orang walau tidak cukup pandai tetapi terbiasa mengerjakan, dan si pandai yang belum mempraktikkan ilmunya. Kondisi ini oleh Pujangga yang hidup semasa kejayaan Majapahit sering digambarkan dengan pepeling: "Blilu Tau Pinter Durung Nglakoni"


Suatu ilmu seyogyanya memang dipraktikkan. Orang yang menguasai ilmu yang sebatas teori akan dikalahkan oleh orang yang terbiasa menjalankannya walaupun tidak/belum tahu teorinya. Sebagai contoh: seorang petani yang tidak pernah kuliah akan lebih banyak pengalaman dan lebih banyak tahu tentang pertanian dibandingkan seorang mahasiswa fakultas pertanian yang belum/sama sekali tidak pernah ke sawah/ladang untuk bercocok tanam.

Ungkapan tersebut juga mengisyaratkan bahwa suatu ilmu tidak selamanya harus didapatkan dari meja sekolah. Banyak ilmu yang bisa dipelajari secara otodidak dengan mencoba dan terus mencoba tanpa takut gagal. Setelah sering mencoba orang akan punya pengalaman dan akhirnya menjadi mahir.

Karena sejatinya "Hidup Adalah Mengalami" untuk itu mari kita mempraktikkan apa-apa yang sudah kita pelajari, dan belajar dari apa-apa yang sudah kita alami..!!

Rahayu _/I\_
Bali-12022012
*Photo adalah Lukisan di Museum Candi Borobudur-Jawa Tengah*

No comments: