Friday, December 23, 2011

Aku Butuh Tukang Kritik

Salam Kasih

Di sebuah desa hiduplah seorang bijak yang sangat dihormati Oleh penduduk. Dalam setiap wacananya selalu membuat penduduk desa kagum, bangga, dan sudah tentu mendapatkan kedamaian hati.

Namun Demikian penduduk desa Merasa terusik dengan keberadaan seseorang yang selalu saja mengkritisi, wacana orang bijak tersebut. Sehingga Kali orang ini hadir Dalam wacana itu, penduduk desa langsung mencibir, dan menjauhinya. Bahkan dalam kehidupan sosial orang ini juga disisihkan. Namun Demikian orang bijak tersebut selalu melayani diskusi, kritik orang tersebut dengan santai dan tenang.

Hingga suatu hari, Si tukang kritik tersebut meninggal-dan penduduk desa menjadi riang, berpikir bahwa wacana orang yg dia hormati tidak Akan terganggu lagi, dan mereka Akan dengan khusuk mendalami wacana tersebut.

Namun sepeninggal Si tukang kritik, orang bijak tersebut justru menjadi sedih, dan sering murung. Kemudian penduduk desa pun bertanya, mengapa Ia sedemikian bersedih. Orang bijaksana tersebut berkata, bahwa Si tukang kritik sangat berjasa, karena Ia selalu mengingatkan dirinya. Tanpa Si tukang kritik-barangkali Ia bisa menjadi angkuh, lupa diri dan sebagainya.

Sahabat.....dalam hidup ini Kita justru membutuhkan orang lain yang senantiasa mengingatkan kita, kita membutuhkan mereka, kita memerlukan masalah untuk menjadikan diri kita semakin awas, semakin waspada, dan semakin bijaksana

Semoga kisah ini bermanfaat bagi kesabaran dan kesadaran Kita semuanya

Salam Rahayu
DIY, 08122011
Serve with love by: I W. Sudarma

No comments: