Wednesday, September 7, 2011

BATU, AIR, BASKOM & MINYAK KELAPA

Salam Kasih



Pagi hari ini di saat berdiskusi dengan beberapa temen semasa kecil, muncul sebuah pertanyaan yang sangat menggelitik dari Nang Lecir, "Bli Mangku, saya mau bertanya tentang bagaimana caranya membantu agar saat kematian orang-orang yang kita cinta dan sayangi bisa mencapai alam-alam kebaikan, .....ya biar dapat sorga. ..gitu. ..lah"?

Karena pertanyaan ini tergolong berat, Karena saya belum pernah mati dan pergi ke sorga atau neraka, namun pertanyaan ini membutuhkan jawaban logis juga tidak bertentangan dengan agama. Maka muncullah idea ilustrasi "batu, air, baskom dan minyak kelapa"

"Pertanyaan Nanang Lecir ini sangat sulit sekali, tapi saya mencoba untuk menjelaskannya semoga bisa diterima, ya"

"Ok. ..ok, jawab Nang Lecir. .!"

"Bila ada sanak saudara yang meninggal, maka cukup siapkan satu buah batu, air secukupnya, sebuah baskom, dan sedikit minyak kelapa. Inilah sarana bagaimana cara mengetahui. ...apakah si meninggal akan masuk sorga atau akan menghuni neraka atau akan mencapai moksah. "

"Kok gampang. ...Nang Lecir menyela! ....terus. ...terus Bli Mangku....?.!"

"Isi baskom dengan air, lalu masukkan batu tadi dan tuangkan minyaknya. ...!
Batu itu pasti akan tenggelam da minyak kelapa akan mengapung dengan sendirinya, khan. ...?"

"Apa hubungannya dengan sorga, dan neraka Bli Mangkun? Tanya Nang Lecir"

"Begini Nang. ....baskom dan air itu adalah gambaran dari Bhuana Agung (makrokosmos), dan Bhuana Alit (mikrokosmos), batu itu adalah gambaran karma buruk semasa hidup kita, sedang minyakin kelapa adalah gambaran karma baik kita.
Jika semasa hidup ini kita lebih dominan mengumpulkan karma buruk (batu), secara otomatis kita akan tenggelam menuju alam neraka. ..!
Namun jika semasa hidup kita lebih banyak menabung karma baik (minyak kelapa), secara otomatis pula akan mengapung dan menuju alam alam kebiakan, seperti sorga bahkan mencapai moksah. ...!

Tak perlu bantuan lain. ...Nang. ...!
Upakara/sesajen/beragai bentuk ritual hanya membantu mempercepat kembalinya badan wadag ini, ia hanya membantu mempercepat perampungan BAP=Berkas Acara Penyidikan.....tak lebih dari itu.
Kalau sorga dan neraka serta moksah dapat ditebus dengan banten/upakara/ritual. ...pastilah mereka yang kaya saja yang bisa masuk ke sorga dan moksah. ...tapi tidaklah demikian, semua bergantung pada apa apa yang kita perbuat melalui pikiran, ucapan, dan tindakan! .....begitu Nang yang dapat saya jelaskan, semoga Nanang dapat memahaminya"

Beh. .....terima kasih Bli Mangku niki hal baru tapi pas buat saya. ...

Sahabat. ...tiada yang lebih utama dari karma kebaikan dan kebajikan
Semoga bermanfaat bagi kita semua

Salam rahayu _/|\_ I W Sudarma
Bali, 06/09/2011

No comments: