Monday, August 15, 2011

YANG MENYAKITI KITA ADALAH YANG MEMBANTU KITA

Salam Kasih


Sahabat.....tema ini mungkin terkesan aneh, mana ada orang yang menyakiti kita adalah orang yang membantu kita? Untuk itu mari kita merenung sejenak.....!

"Sesungguhnya, kadang kala orang yang menyakiti diri kita lebih banyak membantu dalam praktik kebenaran dan kebajikan (rohani) daripada orang yang suka menolong kita."

Orang yang dekat dengan kita, memberi kita hadiah, dan mengatakan kepada kita betapa baik, berbakat, dan pintarnya kita, sering membuat kita menjadi tinggi hati. Sebaliknya, orang yang menyinggung hati kita, menunjukkan dengan jelas kepada kita betapa banyak rasa dongkol dan iri hati yang bersarang dalam diri kita, dan betapa kuatnya kemelekatan kita pada reputasi, mereka membantu kita menyadari keterikatan dan kebencian yang ada dalam diri kita, disamping itu mereka juga menunjukkan kepada kita hal-hal yang harus diperbaiki dalam diri kita. Ada kalanya mereka membantu kita lebih dari guru kita dalam hal ini.

Orang bijaksana yang dengan tulus, kuat bermaksud mempraktikkan ajaran kerohanian, akan menyambut datangnya masalah- karena mereka melihat masalah sebagai kesempatan yang baik sekali untuk berlatih.

Bersyukurlah jika hari ini kita masih punya masalah, hal itu berarti kita masih harus berbenah
Berbahagialah jika hari ini ada yang mencela, menyakiti anda, karena itu adalah tanda perhatian dan betapa mereka peduli dengan kita
Namun.....tetap harus hati hati agar kita tidak terjebak dalam perangkap mereka yang mau memancing di air keruh.

Salam Rahayu
oleh: I W Sudarma

No comments: