Monday, August 15, 2011

BALADA Seorang PEMINTA-MINTA

Salam Kasih


Aku telah pergi meminta-minta dari pintu ke pintu di jalan desa,
Ketika keretamu yang keemasan muncul di kejauhan,
Seperti mimpi yang indah dan aku bertanya-tanya
Siapa itu Ratu dari semua Ratu?

Harapanku membumbung tinggi
Dan nampak bagiku bahwa hari-hari kejahatanku telah berakhir,
Dan aku berdiri menunggu sedekah untuk diberikan tanpa diminta,
Dan untuk kekayaan yang terserak di segala penjuru di dalam debu.

Kereta itu berhendi di tempat aku berdiri,
Pandanganmu jatuh padaku
Dan kau turun dengan seulas senyum
Aku merasa bahwa keberuntungan hidupku telah datang pada akhirnya
Kemudian tiba-tiba kau mengulurkan tangan kananmu
Dan berkata "Apa yang kau miliki untuk diberikan padaku?"

Ah.....sungguh olok-olok seorang ratu untuk membuka telapak tanganmu kepada seorang peminta-minta untuk meminta!
Aku bingung dan berdiri tak bisa memutuskan
Dan kemudian dari dompetku
Aku pelan pelan mengeluarkan sebutir biji jagung kecil hasratku
Dan memberikannya padamu

Namun betapa besar keterkejutanku
Ketika pada akhir hari aku mengosongkan tasku di atas lantai
Untuk menemukan segram kecil emas hatiku yang murni diantara tumpukan barang tak berguna
Dengan pahit aku menangis
Dan berharap aku memiliki hati
Untuk memberimu keseluruhanku.

~ I Wayan Sudarma, 05/08/2011

No comments: