Friday, July 29, 2011

MENASEHATI DIRI SENDIRI

Salam Kasih


Sejukkan hatimu dengan ketenangan & kebijaksanaan, jangan mudah emosi atau marah, kesal & kecewa. Bila kemarahan tak terbendung, lepaskan masalahmu dari ingatanmu, diamlah, alihkan pikiranmu pada kegiatan lain atau kalau perlu istirahat untuk beberapa saat. Walau sederhana, proses ini akan menjadi modal dari kemampuanmu menguasai amarah dan emosi.

Berbicara di saat marah, hanya membuat kesalahan. Memutuskan sesuatu pada saat marah, bisa ngawur dan tidak tepat, membawa penyesalan serta kerugian. Sikap yang meledak-ledak, mudah tersulut & tersinggung merupakan awal dari kemerosotan, bahkan kejatuhanmu. Bahkan ke dalam kelahiran buruk di alam-alam rendah. Orang yang dapat menguasai dirinya, mengekang emosi & amarahnya. Berusaha untuk tetap tenang dalam situasi buruk, disebut sebagai orang yang.dewasa serta bijaksana.

Perbedaan orang irasional serta pemarah dengan orang bijak adalah hanya pada bagaimana menghadapi masalah pelik dengan tetap tenang.

Jangan dengar anjuran: "Hati boleh panas tapi kepala harus tetap dingin"

Yang benar: "Hati tidak boleh panas, kepala tidak boleh panas, tetapi harus tetap dingin dan tenang"

Semoga renungan kecil-saat saya duduk hening bercengkrama dengan Diri Sendiri, dapat bermanfaat bagi qt semua, dalam menata kembali file-file hidup kita, sehingga tetap bisa berada pada ketenangan dan keawasan.

Salam Rahayu 29072011

No comments: