Tuesday, April 12, 2011

Dalam HENING Semua Menjadi Jelas

Salam Kasih
Oleh: I Wayan Sudarma

Seorang buruh pabrik kayu lapis sedang bekerja membelah kayu, yang secara tidak sengaja jam tangannya terlepas dan terjatuh lalu terbenam di antara tingginya tumpukan serbuk kayu.

Buruh itu menjadi gelisah mengingat jam tangan tersebut merupakan hadiah dari kekasihnya dan telah ia pakai cukup lama. Tentunya ia sangat mencintai jam tangan pemberian tersebut, sehingga ia berusaha sedapat mungkin utk menemukan kembali jam tangannya

Dengan perasaan bersalah ia membongkar tumpukkan serbuk kayu itu dan dengan dibantu teman-teman pekerja lainnya juga mereka terus berusaha mencari jam tangan tersebut-namun sia sia saja, jam tangan kesayangannya itu tetap tidak berhasil ditemukan.

Hingga siang hari mereka belum juga berhasil menemukannya, dengan perasaan lesu akhirnya mereka berhenti mencarinya dan meninggalkan tempat itu untuk istirahat siang. Tanpa disadari ternyata ada seorang anak kecil yang memperhatikan tingkah polah buruh dan pekerja lainnya yang sejak tadi pagi mencari jam tangan yang hilang. Lalu ia mendekati tumpukkan serbuk kayu tersebut. Ia menjongkok, diam untuk beberapa saat.

Tak lama berselang ia telah menemukan kembali jam tangan kesayangan buruh kayu tersebut. Kemudian ia memberitahukan kepada pemiliknya, tentu saja buruh kayu itu amat gembira. Namun ia juga heran, bagaimana ia berhasil menemukan jam itu, karena sebelumnya banyak orang telah membongkar tumpukkan serbut tersebut namun sia-sia. Tapi anak itu cuma seorang diri saja, dan berhasil menemukan jam tangan itu.

Dengan penuh penasaran buruh kayu itu bertanya: "Bagaimana caranya engkau mencari dan menemukan jam tangan ini?"

"Saya hanya duduk secara tenang di lantai. Dalam KEHENINGAN itu saya bisa mendengar bunyi tik-tak, tik-tak. Dengan itu saya tahu di mana jam tangan itu berada," Jawab anak itu.

Sahabat....saat hati gundah, tidak tenang...pikiran menjadi tidak fokus, hati menjadi gelisah...akibatnya sensitivitas kita menjadi menurun-darinya akan sulit bagi kita untuk menemukan apa yang kita cari. Namun melalui keheningan kita akan dapat mencapai hal-hal yang luar biasa.

Salam Hening dari Pinggir Jalan

No comments: