Thursday, March 26, 2020

Bhakti Kepada Guru Wisesa Adalah Yajña Uttama

Om Swastyastu

Berbhakti dengan Guru Wisesa (pemerintah) merupakan kewajiban masyarakat, karena sudah diberikan perlindungan, rasa aman dan juga kesejahteraan dalam hidup. 

Seorang pemimpin harus mampu mengayomi masyarakatnya dan menjadi pelindung bagi rakyatnya, tetapi apabila ada pemimpin yang tidak melaksanakan kewajibannya menjadi tercela dan hilang wibawanya.

Dalam Kitab Ramayana, Sarga XXIV Sloka 61, disebutkan bahwa "keharusan wibawa pelindung Negara yang akan dipuji-puji, tetap di bibir rakyat dan jadi kenang-kenangan mereka. Demikianlah keharusan dan kewajiban seorang raja perwira, tetapi jika lari dari medan perang (baca: permasalahan rakyat), nistalah, hinalah raja demikian. Itulah kewajiban seorang pemimpin bagi rakyatnya, dan kewajiban rakyat terhadap pemimpin adalah mematuhi segala peraturan (hukum dan undang-undang) yang ditetapkan sebagai wujud bhakti terhadap Guru Wisesa.Rakyat yang menghormati dan menjunjung tinggi wibawa pemimpinnya mendapatkan hidup yang bahagia, aman, nyaman, damai dan sejahtera".

Kisah tentang bhakti terhadap Guru Wisesa adalah contoh perbuatan Kumbakama yang merupakan adik dari Rahwana yang rela bekorban demi pemimpin, negara dan tanah airnya, walaupun diketahui bahwa tindakan Rahwana salah. Kisah yang sama dari Bhagawan Drona dan Bhagawan Bisma yang dengan penuh rasa bhakti dan hormat kepada pemimpin (raja) serta bhakti terhadap Negara (Dharma Negara). Bhakti yang mereka lakukan sungguh mulia, sehingga mendapat berkah dan anugerah yang luar biasa dan nama mereka tetap harum sepanjang zaman. Itulah bentuk bhakti kepada Guru Wisesa sebagai pemimpin yang perlu kita hormati dan patuhi, tetapi sepatutnya pemimpin mampu memberikan teladan yang mulia bagi rakyatnya. 

Demikian pula saat ini, dengan kasus Corona; ketika Pemerintah membatasi akses rakyat untuk beraktivitas di luar adalah dalam rangka Melindungi Keselamatan Rakyatnya.



AYO...Patuhi Anjuran Pemerintah....!!
Kalau Tidak Kita Siapa Lagi...??
Kalau bukan sekarang Kapan Lagi...??
INGAT....mematuhi Anjuran Pemerintah juga merupakan YAJÑA UTTAMA

Semoga bermanfaat
#KitaBisa
#stayhome

Om Santih Santih Santih Om
🙏I Wayan Sudarma

No comments: