Wednesday, January 8, 2020

Mahavakya: PRAJNANAM BRAHMA

Mahavakya: "PRAJNANAM BRAHMA".

Om Swastyastu
Prajnanam Brahma (Aitareya Upanisad. 3.3) artinya: "Kesadaran adalah Brahman". Mahavakya ini untuk menjelaskan Tuhan sebagai Realitas Tertinggi.

Definisi terbaik dari Brahman yang memberikan ekspresi supra - esensial dari esensinya, dan tidak untuk menggambarkanNya dengan mengacu pada atribut disengaja atau dibuat, seperti sebagai Pencipta, dll.

Disini Brahman adalah yang akhirnya bertanggung jawab untuk semua kegiatan sensorik kosmologi ini, sebagai melihat, mendengar, dll, yaitu: "Kesadaran" (Prajnanam).

"Pikiran Kesadaran, yang tidak langsung melihat atau mendengar, adalah mustahil untuk memiliki kekuasaan sensorik tanpa tanpa Brahman. Oleh karena itu "Kesadaran Brahman harus dianggap sebagai makna akhir kegiatan totalitas mental dan fisik kita. Brahman adalah yang mutlak, mengisi semua ruang, lengkap dalam dirinya sendiri, yang tidak ada kedua, dan yang terus hadir dalam segala hal, dari pencipta turun hingga ke alam-alam terendah materi, IA menjadi segala hal, juga meresap di masing-masing dan setiap individu. Ini adalah arti dari Prajnanam Brahma dari Aitareya Upanisad ......😃🙏Manggalamastu.

Om Santih Santih Santih Om
♡ I Wayan Sudarma

No comments: