Sunday, October 20, 2019

Menginstal 4G Network Dalam Kehidupan


Om Swastyastu

"Gītā Gangga ca gayatre, 
govindeti hrdhi sthite, 
catur gakara samyukte, 
punar-janma na vidyate" (Mahabharata, Bhishma parva, 40.78)

Artinya:
"Seseorang yang merenungkan dan mengidungkan (penuh bhakti 4G ('ga' kara) di dalam hatinya empat hal yaitu, Gita (Kitab Suci), sungai suci Gangga,  mantra Gayatri dan Tuhan Govinda, tidak ada lagi kelahiran baginya."

"One who installs in his heart the four things 'ga' kara (4G) namely  the Gītā, the holy river Gangga, Gayatri mantra and Lord Govinda, there is no more birth for him."

Hidup kita saat ini sangat singkat, kematian tidak pernah memberitahu, berkirim WA, email, SMS. Maka ada hal sederhana tetapi Uttama yang bisa kita lakukan dalam rangka menyiapkan, mengisi diri di era yang serba cepat ini, yakni dengan Meng-instal 4G ( catur ga kara), yang direkomendasikan oleh Veda, agat kita memiliki kesempatan mencapai kesujatian bahkan Pembebasan dari lingkaran ikatan Samsara, yakni:
1. Setiap saat  membaca/melantunkan Bhagavadgīta dan pustaka suci Veda lainnya.
2. Menyucikan diri melalui tirta suci Gangga dan merenungkan Gangga pada tiap kali kita menikmati air dalam kehidupan, seperti saat minum, saat melukat/mandi, dan lain sebagainya. Gangga juga bermakna setiap hari menyucikan diri melalui Tirtha Gocara (memuja Tuhan  melalui persembahyanfan seraya memohon  Tirtha Amertha).
3. Mengucapkan Gayatri Mantram secara rutin penuh bhakti.
4. Mengidungkan nama-nama suci Tuhan  melalui praktik namasmaranam atau berjapa.

Ke-4 formula ini mulai dari diri sendiri mulai saat ini mesti menjadi menu wajib bagi kita, jika kita menginginkan pembebasan (punar-janma).


Di era teknologi IT sekarang bukan saja cukup memiliki HP berteknologi 4G, tapi hidup kita juga wajib memiliki design hidup berteknologi 4G (Catur 'Ga' Kara)

Demikian yang dapat saya jelaskan secara singkat, semoga bermanfaat bagi kita semua. Manggalamastu.

Om Santih Santih Santih Om
🙏 I Wayan Sudarma

No comments: