Tuesday, April 11, 2017

NAFAS ADALAH JEMBATAN ANTARA TUBUH, PIKIRAN DAN JIWA

Om Swastyastu

“Bernafas adalah jembatan yang penting antara tubuh, pikiran atau mental, dan jiwa. Setiap kondisi perubahan mental, akan tercermin pada nafas lalu tubuh”. #MangkuDanuQoutes

Karena bernafas terjadi secara otomatis sebagian besar dari kita lupa cara bernafas yang benar. Cara bernafas yang benar justru terjadi ketika kita masih kanak-kanak. Ketika kita masih bayi kita menggunakan pernafasan perut dan dalam tetapi semakin dewasa bergeser menjadi pernafasan dada yang dangkal.

Rsi Patanjali sebagai penemu Astangga Yoga, dalam Kitab Yoga Patanjali mengatakan bahwa bernafas (pranayama) yang perlahan dan dalam adalah obat stress nomor satu.

Lebih lanjut dijelaskan dalam Yoga Patanjali; semakin banyak udara segar memenuhi semua bagian paru-paru maka proses pertukaran oksigen menjadi semakin efisien. Banyak perubahan akan terjadi, irama jantung menjadi lebih perlahan, tekanan darah turun, otot mengendur sehingga ketegangan berkurang, pikiran pun menjadi lebih tenang.

Saat bernafas semestinya perut dikembangkan ketika mengambil nafas, sehingga diafragma bisa berkontraksi semaksimal mungkin.

Dengan demikian rongga dada akan terbuka seluas-luas untuk menampung oksigen dari luar. Dengan meningkatnya suplai oksigen ke otak, kita tidak lagi merasa grogi, bingung dan tertekan.

Semoga Bermanfaat bagi kita semua. Manggalamastu

Om Santih Santih Santih Om
❤ I Wayan Sudarma© (Jero Mangku Danu)


No comments: