Sunday, September 22, 2013

PERTANYAAN-PERTANYAAN MENDASAR TENTANG AKU

Salam kasih

Siapakah Aku?
Kamu adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Sebenarnya  kamu adalah
percikan dari Tuhan Yang Maha Esa dan bahkan kenyataannya kamu adalah satu dengan Tuhan Yang Maha Esa. Seperti arus listrik yang mengalir melalui kabel dan menyalakan lampu-lampu, maka demikian juga kamu adalah ibaratnya listrik yang ada disebuah lampu yang esensinya sama dengan keseluruhan listrik yang ada. Kamu bukanlah badan fisik yang kamu kenakan, karena badan itu hanyalah kepompong bagi diri sejatimu. Kamu telah diberikan lima lapis badan. Lapisan badan yang pertama adalah badan fisik yang dibentuk oleh makanan. Badan fisikmu bukanlah semata-mata tumpukan zat-zat kimia, badan fisikmu adalah Pura dari Tuhan  yang berpintu gerbang sebelas yaitu sebelas lubang yang ada pada tubuh fisik terdiri dari dua lubang telinga, dua lubang mata, dua lubang hidung, satu lubang mulut, satu lubang alat kelamin, satu lubang dubur, satu lubang pusar dan satu lubang ubun-ubun.

Lapisan badan yang kedua adalah badan energi vital yang terbentuk dari lima macam prana yang mengarahkan aktivitas-aktivitas badan dan pikiranmu. Pengaturan prana-prana tersebut dibantu oleh cakra-cakra dan nadi-nadi. Muladara Cakra mengendalikan penghancuran racun-racun dalam tubuh dan pikiran, Swasdhisthana Cakra mengendalikan kesan-kesan
atau pengalaman-pengalaman, Manipura Cakra mengendalikan dinamisme dari pikiran , Anahata Cakra mengendalikan perwujudan dan proyeksi dari emosi-emosi dan perasaan-perasaan, Vishuddhi Cakra yang mengendalikan kreatifitas dan efektivitas  dan Ajna Cakra adalah pintu gerbang antara energi yang tewujud dengan yang tidak terwujud serta kesadaran.

Lapisan badan ketiga adalah badan pikiran yang terbentuk oleh dua
kualitas yaitu pikiran dan kemampuan membedakan. Pikiran adalah rasional, linier, berurutan, penuh gejolak. Kemampuan pembedaan muncul setelah adanya pengetahuan dengan menghilangkan kebodohan.
Keharmonisan dalam lapisan badan pikiran  ditunjang oleh keseimbangan lapisan badan energi vital.

Lapisan badan keempat adalah badan kebijaksanaan yang tersusun oleh dua kualitas yaitu ego dan memori bawah sadar. Ego adalah yang memberikan kamu identitas pribadi, yang merasakan kondisi bipolar seperti kesenangan atau kesusahaan, kenikmatan atau penderitaan dan lain-lain. Sedangkan memori bawah sadar adalah perpustakaan yang luar biasa luasnya yang menyimpan semua kenangan-kenangan dan
pengalaman-pengalaman dari kehidupan-kehidupanmu terdahulu dan yang sekarang.

Lapisan yang kelima adalah lapisan kebahagiaan yang merupakan dirimu
sejati yang tidak pernah mati walaupun keeempat lapisan lainya mati. Badan inilah yang disebut sebagai roh atau atman, yang bukan pria atau wanita. Kamu akan menyadari dirimu sejati jika kamu telah melewati lapisan keempat yaitu menghilangkan ego. Dalam badan ini kamu hanya merasakan kebahagiaan, kesatuan dan kepuasan.

Kamu sejatilah adalah perwujudan kebahagiaan dan perwujudan kebenaran. Egolah yang membuat kamu terpisah dari kebenaran atau Tuhan Yang Maha Esa. Kamu berkata ,”Aku yang mengerjakan”. Jangan kamu berpura-pura menjadi pelaku, hilangkanlah perasaan ego dan jadilah pelayan Tuhan  maka kamu akan merasakan kehadiran Tuhan. Segala sesuatu dikerjakan Tuhan melalui kamu. Hanya karena perasaan individulistis, ego kamu, yang menutup kesadaran akan hubungan yang terus menerus dengan Tuhan. Kamu terlahir dengan kehadiran Tuhan di dalam dirimu dan diri sejatimu adalah Tuhan sendiri.  Tetapi, dengan kelahiran kamu lupa, lupa akan sejatimu, lupa akan keTuhanmu. Setelah Kerudung ego menutupi pikiranmu, kesadaranmu akan Tuhan hilang.

Badan dan kehidupan diberikan kepadamu oleh Tuhan adalah dengan tujuan untuk benar-benar dirasakan dan dinikmati. Kamu tidak boleh terlalu mengekang badan fisikmu dan keinginan-keinginamu. Kamu harus mengarahkan indria-indria secara bertahap, karena kalau kamu secara keras mengekangnya maka mereka akan memberontak. Salurkan keinginaan-keinginan yang memuaskan indria-indria ke
aktivitas-aktivitas yang tidak menumbuh kembangkan egomu. Peliharalah badanmu, yang merupakan saluran untuk mengalami Cinta Kasih Tuhan.

Definisi dari manusia adalah Cinta Kasih. Adalah Tuhan yang selalu
bergetar didalammu , bergetar dengan Nama Tuhan. Itu adalah Cinta Kasih Tuhan. Oleh karena itu kamu harus tahu bahwa Cinta Kasihlah satu-satunya jawaban terhadap jawaban “Siapakah Aku’ itu.

Rahayu _/|\_ I W Sudarma, S.Ag, M.Si
Bandung-22092013

No comments: