Friday, September 27, 2013

MELINTASI BATAS-BATAS

Aku tahu bahwa tak selalu akan mudah

karena setiap tujuan perlu langkah
dengan hambatan yang siap untuk diterobos
tampak sebagai jarak yang memisahkan
namun semua itu menjadikannya bermakna
dimana kita bisa lebih banyak belajar

Karenamu aku mulai mengerti arti kerinduan
setiap hambatan yang menghalangi
seperti gelapnya hari saat ditinggal mentari
kerinduan itu tinggal pada bulan
sebagai saksi bahwa mentari terus bersinar
dan cahayanya terus menerangi malamku

Keayuanmu jelas tergambar di sana
sebagai wajah bulan dengan terangnya
sehingga sepi ini menjadi berkah
melodi malam yang tak pernah terdiam
terdengar masuk dalam kesadaranku
kau membawaku melintas batas-batas

Batas ruang dan waktu bukan masalah bagi cinta
cahayanya selalu menemukan cara
untuk mencapai relung hati yang tersembunyi
seperti cahaya mentari yang dipantulkan oleh bulan
menerangi malam dengan cahaya lembutnya
menjadikan malam hadir dengan keanggunan heningnya

Dunia ini telah memilih caranya
kekhawatiran yang digambarkan dengan malam
mereka akan mengatakan seperti itu sebagai kebenaran
namun aku ingin kau percaya satu hal ini
bahwa keheningan malam adalah sahabatku terbaik
saat aku bisa sendiri tanpa keributan suasana siang

Kau tahu bahwa cinta itu ada di rasa
kesendirian selalu menyadarkan diriku
mengenal getaran yang membawaku pada kehidupan
sehingga aku lebih memahami langkah yang lebih sesuai
bukan sebagai apa yang dikatakan kebanyakan orang
rasa cinta telah mengajarkan aku suatu pilihan jalan

Maka kerinduan ini hanyalah suatu bukti
bahwa aku akan selalu menemukanmu
bukan di sana yang terpisah ruang dan waktu
melainkan di sini di dalam hatiku sendiri
getar rasa cinta ini ada karena kehadiranmu

Dan itu membuatkan bahagia dalam kerinduan....

Oleh:  Jro Mangku Danu


No comments: