Thursday, May 30, 2013

Awal Adalah Akhir-Akhir Adalah Awal

Salam kasih
Tahukah kita, ketika kita lahir kita telah mati. Kehidupan dan kematian adalah hal yang sama. Seperti sebatang pohon. Sebagian dari pohon itu adalah batang bagian bawah; bagian lainnya adalah akhir dari ujung batang pohon. Jika tidak ada batang bagian bawah maka tidak akan ada ujung batang pohon tersebut. Ketika ada ujung batang pohon, maka disana akan ada batang bagian bawah. Ujung batang tanpa batang bagian bawah: Adalah hal yang tidak mungkin terjadi. Demikian hal ini berlangsung.

Dengan demikian adalah hal yang lucu. Ketika seseorang meninggal, kita merasa sedih dan kecewa. Kita duduk dan menangis, berduka, dan sebagainya. Hal tersebut adalah pengetahuan yang kurang benar. Itu adalah delusi. Bahwa ketika seseorang meninggal maka kita akan sedih dan menangis. Itulah yang selalu dilakukan entah mulai sejak kapan. Kita tidak berhenti untuk memeriksa hal ini secara lebih hati-hati. Sesungguhnya –dan maafkan saya untuk mengatakan hal berikut- menurut saya jika Anda menangis ketika seseorang meninggal, maka akan lebih baik jika Anda menangis ketika seseorang dilahirkan. Tetapi coba kita lihat ke belakang. Ketika seorang anak dilahirkan, orang-orang gembira dan tertawa karena bahagia. Akan tetapi sesungguhnya kelahiran adalah kematian. Kematian adalah kelahiran. Awal adalah akhir; akhir adalah awal.

Namun demikian, saat dimana kita masih hidup; alangkah bijaknya jika diisi dengan kebajikan-kebajikan, agar kesempatan lahir kali ini adalah kesempatan untuk memperpendek jarak kita menuju pada Manunggaling Kawulo-Gusti.

Rahayu _/|\_ I W Sudarma (Jro Mangku Danu)

* Merenungi setiap runtutan runut hidup hingga detik ini...30052013

No comments: