Tuesday, April 16, 2013

IRI

Salam Kasih
Merasa iri kepada orang lain adalah kuburan dan penjara bagi diri kita sendiri. Orang yang penuh dengan iri, mulai dari pikiran bahkan hingga tulangnya mengalami kerusakan, karena rasa iri berada di dalam tulang maka tidak segera terlihat diluar. Orang yang merasa iri kepada orang lain, dirinya sedang dilanda racun yang merusak diri sendiri. 

Sikap iri akan menggerus tabungan kebajikan, dan menyuburkan tanaman kedengkian dan kepicikan. Dan bila sikap iri ini telah menjadi pohon dan akar-akarnya menyebar dan mengikat sistem kerja hidup, ia akan hadir sebagai sosok dan momok sumber derita.

Walau ada yang berpandangan positif, bahwa rasa iri dapat memacu semangat untuk maju, hal tersebut tidaklah benar. Karena rasa iri bermula dari ketidaksiapan dan ketidakmampuan mensyukuri karunia dari Yang Maha Welas Asih, rasa iri adalah merupakan keliaran dari nafsu-nafsu rendahan.

Untuk itu, hadir dalam kebersahajaan dan penuh syukur, adalah hal-hal yang mesti selalu kita pelihara dan kita pupuk. Jangan membiarkan satu tunas iri bertumbuh dalam ladang kehidupan ini. Dengan demikian kita akan memiliki kesempatan untuk menata hidup ini lebih mudah dan lebih baik. Manggalamastu..!! 


Rahayu _/|\_ I W. Sudarma

No comments: