Saturday, February 4, 2012

Diam-Sepi-Hening-Damai

Salam Kasih

by: I Wayan sudarma on Thursday, January 12, 2012 at 12:13pm

Diam=Silence=niscala/niravata: adalah sebuah kondisi di mana tidak ada gerakan dari pikiran atau organ vital atau kondisi hening lainnya yang sudah tidak ada gerakan di permukaan yang dapat menembus atau mengubahnya (terjadi secara konstan pada durasi tertentu). (Silence is a state in which either there is no movement of the mind or vital or else a great stillness which no surface movement can pierce or alter).

Sepi=Quiet=Acancalata: adalah suatu kondisi dimana tidak ada kegelisahan atau gangguan (Quiet is a condition in which there is no restlessness or disturbance)

Hening=Calm=Sthirata: adalah suatu kondisi yang masihbergeming, tidak ada gangguan yang dapat mempengaruhi, itu adalah kondisi kurang negatif daripada tenang (Calm is a still unmoved condition, which no disturbance can affect, it is a less negative condition than quiet)

Damai=Peace=Shantih: adalah suatu kondisi masih lebih positif, yang disertai dengan rasa istirahat menetap dan harmonis dan pembebasan. (Peace is a still more positive condition; it carries with it a sense of settled and harmonious rest and deliverance).

Salam Rahayu

No comments: