Thursday, September 15, 2011

TEORI BAIK & BURUK

Salam Kasih


Berbicara tentang kebaikan dan keburukan pastilah tidak aka nada habisnya, karena masing-masing akan menyatakan dirinya benar dan tidak mau dipersalahkan. Namun ada beberapa pendekatan yang bisa kita jadikan pedoman, mengetahui kapan dan bilamana hal-hal itu dapat dikatakan baik dan buruk.

Teori Hedonisme: Yang dianggap ukuran tindakan baik menurut faham ini ialah hedone: kenikmatan dan kepuasan rasa, selama bisa memberikan kenikmatan dan kepuasan rasam, selama itu pula sesuatu itu dikatakan baik, dan bila sudah tidak memberikan kenikmatan dan membosankan maka ia dikatakan buruk. Menurut Freud : “semua tindakan didasarkan atas kecenderungan yang tak disadari, ialah cenderung untuk mencapai kepuasan semata yang disebut libido seksualis ,” sedangkan menurut Adler : “perilaku manusia didorong oleh kecenderungan untuk mencapai kepuasan dalam memiliki kekuasaan.”
Teori Utilitarisme: menurut teori ini sesuatu yang baik adalah yang berguna ,yang tidak berguna ia adalah buruk. Baik yang berlaku untuk perorangan ( individual), dan yang berlaku bagi masyarakat , negara (sosial ).

Teori Vitalisme: teori ini mengatakan bahwa yang baik ialah yang mencerminkan kekuatan dalam kehidupan manusia ; Kekuatan dan kekuasaan yang menaklukkan orang lain yang lemah, itulah ukuran baik . Manusia yang kuasa itulah yang baik, sedangkan yang 4L (Lemah, Letih, Layu dan Loyo) dianggap buruk.

Teori sosialisme: Menurut teori ini Baik dan buruk ditentukan oleh masyarakat , yang baik adalah yang lazim dianggap baik oleh masyarakat tertentu, walaupun sesuatu itu bukan kebenaran, asal dianggap lumrah maka hal itu dipandang sebagai sesuatu yang baik.

Teori Religisusme: Yang baik adalah yang sesuai dengan kehendak Tuhan, sedang yang buruk adalah yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.

Teori Humanisme: menurut teori ini yang baik ialah yang sesuai dengan kodrat manusia, yaitu kemanusiaannya . Penentuan baik buruk tindakan yang konkrit adalah kata hati orang yang bertindak. Tindakan yang baik adalah tindakan yang sesuai dengan derajat manusia, jadi tidak mengurangi atau menentang kemanusiaannya, dan yang buruk adalah yang bertentangan dengan kodrat kemanusiaannya.

Sahabat demikianlah beberapa pandangan mengenai ukuran baik dan buruk, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sebelum akhirnya kita menjudge sesuatu itu baik ataupun buruk.

Demikian pula saat sahabat melihatku.....akan menjadi baik dan juga buruk tergantung dari sudut mana sahabat melihatnya melihatnya......dan semua itu sah-sah saja.

Salam Rahayu _/|\_ I W Sudarma

2 comments:

Anonymous said...

wah pandangan yang bagus,

Anonymous said...

Pandangan yang bagus Bp Jro.