Monday, August 15, 2011

KeAgungan Kasih

Salam Kasih


Kasih Agung terdiri atas 4 jenis, yaitu:
(1) Swaarta Prema, adalah seperti sebuah lampu yang diletakkan di sebuah ruangan. Lampu itu hanya menerangi ruangan tersebut. Jenis Kasih yang egois tersebut hanya terbatas pada sebuah kelompok yang terbatas dan tidak berkembang pada yang lain.

(2) Samanjasa Prema, bisa dibandingkan dengan cahaya bulan. Cahaya ini bisa dilihat dari dalam maupun dari luar, akan tetapi cahayanya tdk terlalu terang. Cahayanya redup. Kasih jenis ini berkembang dalam sebuah kelompok yang lebih besar tetapi tidaklah terlalu kuat.

(3) Paraartha Prema. Sama seperti cahaya matahari. Itu menyinari baik yang diluar maupun yang di dalam dangan kecemerlangan. Tetapi itu tidak berangsung terus menerus karena matahari tidak tampak pada malam hari. Itu, bukanlah ketidak hadiran yang permanen, karena matahari akan muncul lagi. Sebenarnya matahari selalu ada di tempat yang sama. Begitu juga Kasih tanpa pamrih ini mungkin tidak nampak pada beberapa waktu, tetapi itu akan mucul kembali.

(4) Yathaartha Prema. Jenis Kasih ini bisa disebut sebagai "Atma Prema". Kasih ini selalu ada, di dalam dan di luar, di setiap tempat dan setiap waktu, dalam setiap keadaan.ini adalah Kasih Tuhan. Tuhan itu abadi, tidak terhancurkan. Kasih itu ada dalam diri setiap orang. Saat Kasih ini dimanifestasilkan oleh seseorang, ia akan mendapatkan kedamaian yang melampaui pemahaman.

Salam Rahayu *Catatan pinggir Jalan* 08082011

No comments: