Saturday, July 16, 2011

Hidup Ini Adalah BATU LONCATAN

Salam Kasih


Hidup kita sebagai manusia sungguh adalah kesempatan yang berharga, ia berpotensi untuk menjadi batu loncatan dalam menggapai hal-hal yang lebih baik, lebih mulia, dan lebih agung. Seburuk apapun keadaan hidup yang kita jalani, jangan pernah merasa bahwa hidup kita ini sia-sia atau tiada berguna. Selama kita masih mau berbuat sesuatu yang baik, kita pasti akan mengalami perubahan ke arah kebaikan. Namun demikin hidup kita sebagai manusia juga bisa menjadi sesuatu yang sungguh menakutkan bila tidak diarahkan pada hal-hal yang baik dan agung-hal ini justru akan membawa kesulitan baik saat kini maupun nanti.

Demikian pula.....

Sebaik apapun keadaan nasib hidup kita saat ini, jangan menganggapnya bahwa hal tersebut akan kekal abadi selamanya. Kita harus ingat pada hukum sebab akibat. Bila kita hanya menikmati baiknya nasib hidup kita, lalu kita lalai untuk menyemai benih penyebabnya, suatu saat kita akan mengalami defisit timbunan kebajikan yang membuat kita hidup bahagia itu. Jangan sampai hal demikian terjadi.

Dari semua ini....Tanam, terus tanam,dan tanam terus kebajikan......sebisa mungkin.....selagi bisa ada kesempatan....dengan demkian kita akan memiliki kesempatan untuk melompat-melampaui penderitaan kehidupan ini menjadi lebih baik lagi.

Rahayu
~ I Wayan Sudarma
Bali, 21 Januari 1994

No comments: