Thursday, April 28, 2011

APA ITU MANTRA

Salam Kasih

Sehubungan dengan pengucapan mantra atau Mantra Yoga, apakah mantra itu sebenarnya?

Mantra merupakan sebuah kata atau kombinasi beberapa buah kata yang sangat kuat (ampuh), yang didengar oleh seorang bijak dan yang dapat membawa seseorang yang mengucapkannya, melintasi lautan kelahiran kembali. Inilah yang merupakan arti tertinggi dari istilah mantra.

Arti yang lebih rendah dari mantra, antara lain sebagai berikut: Mantra adalah rumusan gaib untuk melepaskan berbagai kesulitan atau untuk memenuhi bermacam-macam keinginan duniawi, tergantung pada motif pengucapan mantra tersebut.

Mantra merupakan sebuah jampi-jampi, yang apabila diucapkan dengan tekanan suara yang benar, menghasilkan sesutau akibat melalui daya kekuatan alam, devatā, atau deva-deva yang dimaksudkan dalam pengucapan mantra tersebut.

Mantra adalah sebuah kekuatan kata yang dapat dipergunakan untuk mewujudkan keinginan spiritual atau keinginan material, yang dapat dipergunakan demi kesejahteraan ataupun penghancuran diri seseorang. Mantra itu seperti energi atom, yaitu suatu tenaga yang bertindak sesuai dengan rasa Bhakti seseorang yang mempergunakannya.

Rahayu
~ I W Sudarma

No comments: